Data Dokter

Voting

Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Senin, 07 Juli 2014 - 20:38:38 WIB | Pembaca : 516
Diposting oleh : Administrator

 

Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Apakah wanita hamil dan wanita menyusui boleh berpuasa ? Jawabannya adalah tergantung dari kondisi kesehatan wanita tersebut. Selama kondisi kesehatan Ibu dan janin sehat, maka puasa boleh saja dilakukan, asalkan Ibu tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi.  

Berikut ini ada beberapa tips bagi Ibu hamil dan menyusui yang mau ikut berpuasa :

Tips 1 : Yang disarankan ikut berpuasa adalah ibu hamil yang usia kehamilannya di atas 4 bulan, karena tubuh sudah beradaptasi terhadap kehamilan, mual muntah biasanya sudah hilang pada usia kehamilan 4 bulan. Buat Ibu yang lagi menyusui, dianjurkan yang usia bayinya sudah di atas 6 bulan, karena ASI eksklusif 6 bulan biasanya membuat Ibu cepat capek dan lemas, tetapi semua tergantung kondisi masing-masing. Kalau dirasakan kuat dan sanggup menjalankan puasa dipersilakan berpuasa, begitu ada keluhan segera dibatalkan puasanya dan jangan khawatir janin tidak berkembang dengan baik atau asi jadi kurang karena berpuasa ya.. karena puasa selama sekitar 13-14 jam itu masih bisa dikompensasi dengan cadangan gizi tubuh.

Tips 2 :  Bagi ibu hamil atau menyusui, puasa sifatnya hanya mengubah jadwal makan, sarapan dimajukan jadi sahur. Saat baru bangun awali dengan camilan ringan (roti, buah, biskuit, dll.).. menjelang Imsak, makan nasi dengan lauk pauk seperti biasa, ditutup dengan segelas susu hangat (jauh lebih baik daripada teh manis. Jadwal makan siang diundur sampai waktu berbuka, awali dengan makanan ringan dulu / takjil dan minuman hangat yang tidak terlalu manis. Sebelum Tarawih bisa ditambah camilan kue / makanan ringan dan setelah Tarawih dapat dilanjutkan makan lagi (misalnya sup atau martabak atau nasi lauk pauk lagi yang ingin dimakan). Siapkan camilan (roti/biskuit/buah) di samping tempat tidur, saat terbangun tengah malam silakan makan camilan.. Nah, jumlah makannya tetap 6-7 kali sehari dengan porsi sedikit atau sedang kan ? Jadi, jangan takut Ibu hamil dan menyusui bakal kekurangan gizi.

Tips 3 : Saat sahur bagi Ibu hamil dan menyusui, hindari minum teh manis terlalu banyak, karena teh bersifat diuretik sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak akan menarik cairan tubuh keluar / sering buang air kecil. Tubuh jadi cepat lemas jika kita kekurangan cairan saat kita puasa… 1 cangkir / gelas teh rasanya cukup saat sahur… akan tetapi jauh lebih baik segelas susu hangat.

Tips 4 : Saat sahur bagi Ibu hamil dan menyusui, perbanyak protein ( telur, ikan dan daging) karena memperlambat rasa lapar. Dibandingkan nasi putih, bisa dicoba beras merah atau roti gandum, dimana jenis karbohidrat ini dimetabolisme secara bertahap oleh tubuh sehingga rasa kenyangnya lebih lama dan semua bahan makanan di atas sangat bagus buat perkembangan janin dan produksi ASI.

Tips 5 : Bagi Ibu-ibu yang lagi hamil, silahkan berpuasa jika tidak ada keluhan, kalau tiba-tiba pusing atau rasanya lemas sekali, segera batalkan puasanya. Perbanyak istirahat siang hari, kalau kehamilan sudah di atas 4 bulan, sebaiknya posisi tidur miring ke KIRI, karena dengan posisi ini, janin yang sudah mulai membesar tidak menekan pembuluh darah besar pada Ibu (Vena cava inferior) yang bertugas membawa darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, kalau tertekan / terhambat bisa terjadi penurunan tekanan darah.. jadi gampang pusing, lemas, bahkan bisa pingsan. Tetapi tidak mungkin ibu tidur miring kiri terus, boleh juga tidur miring  ke kanan, tetapi hindari telentang.

 

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

By dr. Hj. Yessi Rahmawati, SpOG

    Spesialis Kebidanan dan Kandungan

    Alamat Kantor                    : RSUD Waluyo Jati Kraksaan

    Alamat Praktek / Rumah    : Jl. Diponegoro 31 Kraksaan Probolinggo

 

I

 


 

Berita & event terkait